|

Menghitung Menggunakan EXEL



Skenario percakapan berikut menjelaskan tentang bagaimana melakukan penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian di Excel. Skenario ini menperkenalkan metode dasar.

Terimakasih untuk Microsoft MVP Lutfie Royan untuk menterjemahkan artikel ini. Anda dapat menemukan artikel ini atau yang lainnya di blog Lutfie Royan.

Meskipun saya telah mulai mencatat pengeluaran rumah tangga menggunakan Excel, saya tidak mengetahui bagaimana menghitung jumlah total secara otomatis. Jadi, saya menghitung total saldo menggunakan kalkulator dan mengisinya secara manual ke dalam Excel.

Anda cukup memasukkan rumus pada sel yang merupakan total saldo. Pertama, anda memasukkan rumus pada sel yang berisi saldo tanggal 2 Agustus.

Ketika saya memasukkan 150+10000=, sel hanya menampilkan "150+10000=" dan tidak mengembalikan hasil apapun.

Ketika anda melakukan perhitungan di Excel, rumus selalu dimulai dengan tanda =. Ketika anda menekan tombol Enter, anda akan mendapatkan hasil perhitungan.

Oh, saya mengerti. Jadi saya harus memasukkan =150+10000 dan menekan tombol Enter.

Ya, benar.

Hebat! Sekarang sel saya berisi “10150”.

Sel berikut di bawah ini mewakili saldo tanggal 3 Agustus, masukkan=10150-9850 dan tekan tombol Enter……

Saya mendapatkan “300”.


Saya pikir akan sulit untuk menjalankan perhitungan di Excel. Tetapi ternyata lebih mudah dibandingkan yang saya perkirakan.

Omong-omong, apakah anda mengetahui cara untuk melakukan perkalian dan pembagian ?

Mungkin masukkan =10÷5 untuk pembagian dan =10×5 untuk perkalian, dan tekan tombol Enter. Benar ?

Jawabannya adalah BUKAN. Konsep anda sudah benar, tetapi operasi perhitungan di Excel sedikit berbeda.

Ketika anda melakukan pembagian menggunakan komputer, anda menggunakan tanda “/ (slash)” untuk menggantikan tanda “÷”. Ketika anda melakukan perkalian, anda menggunakan tanda “* (asterisk)” untuk menggantikan tanda “x”.

Baiklah. Untuk mendapatkan hasil, saya akan memasukkan=10/5 untuk pembagian dan =10*5untuk perkalian, dan tekan tombol Enter.

Sejauh ini apa yang telah saya jelaskan adalah metode yang paling mudah. Pada langkah berikutnya, saya akan memberi tahu cara melakukan perhitungan dengan menggunakan nomor sel.

Nomor sel merupakan kombinasi antara baris dan kolom. Contoh, nomor sel yang berlokasi pada kolom A dan pada baris ke 5 dari atas adalah “A5”.


Kelihatannya lebih rumit.

Jangan khawatir mengenai hal itu! Memahami alamat sel juga mudah. Jadi, ikuti saja instruksi saya.

Pertama, masukkan angka 100 pada sel kosong dari kolom biaya, masukkan angka 0 pada sel dikolom pendapatan, masukkan =E7-C8+D8 pada sel untuk saldo dan tekan tombol Enter.


E7 merupakan saldo sebelumnya. C8 merupakan biaya, jadi saya menggunakan pengurangan untuk perhitungan ini. D8 merupakan pendapatan, jadi saya menggunakan penjumlahan untuk perhitungan ini.

100 yen telah menjadi pengurang dari saldo sebelumnya dan “179167” adalah angka yang dihasilkan.


Kegunaan dari metoda ini adalah angka yang dihasilkan otomatis dihitung ulang ketika anda merubah angka yang dijadikan referensi oleh rumus.

Biarkan angka pada sel biaya dan perbaharui angka pada sel pendapatan menjadi 50.


Saldo sebesar "179167" akan diperbaharui menjadi “179217”, dimana terlihat ada penambahan sebesar 50 yen.


Jika saya menggunakan nomor sel pada rumus, Excel akan menangani setiap perhitungan tanpa perlu memasukan angka-angka pada rumus.

Apa yang telah anda lakukan adalah melakukan penjumlahan dan pengurangan. Jadi anda menggunakan tanda “+” dan “-“. Jika perhitungan anda termasuk pembagian, gunakan tanda “/”. Jika perhitungan anda termasuk perkalian, maka gunakan tanda “*”. Itu saja.

Meninjau Langkah-Langkah
Bagaimana melakukan pembagian di Excel
1. Masukkan =10/5 kedalam sel kosong pada kolom saldo dan tekan tombol Enter.


2. Angka yang dihasilkan adalah “2”.


Bagaimana melakukan perkalian di Excel
1. Masukkan =10*5 pada sel kosong di kolom saldo dan tekan tombol Enter.


2. Angka yang dihasilkan adalah “50”.


Sumber

Muhammad Syafii Tampubolon | Buat Lencana Anda

Posted by EmThree on 11.39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "Menghitung Menggunakan EXEL"

Leave a reply

Blog Archive

Labels

Recently Commented

Recently Added