|

88 Soal Jawab Jurnalistik

Bagian Pertama

1. Apa yang dimaksud dengan Jurnalistik?
Jurnalistik memiliki makna yang luas terutama hubungannya dengan dunia tulis menulis. Sebagian ahli berpendapat bahwa jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan wartawan atau kewartawanan (Sumanang SH). Kepandaian mengarang yang pokoknya memberi keterangan pada masyarakat dengan segera agar tersiar seluas-luasnya (Meinanda : 1981). Suatu kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis untuk surat kabar, majalah, atau berkala lainnya (Asseggaf :1991). Menurut Adinegoro, jurnalistik adalah kepandaian karang mengarang. Menurut Ilmu Publisistik, jurnalistik berarti, hal-hal yang menyiarkan berita dan atau ulasan berita tentang peristiwa sehari-hari yang umum dan aktual dengan secepat-cepatnya.

Dengan demikian, jurnalistik adalah hal-hal yang berhubungan dengan dunia tulis menulis termasuk di dalamnya kewartawanan. Mereka yang menekuni kejur-

nalistikkan sering disebut jurnalis. Dan mereka yang menekuni jurnalistik tertentu hingga menjadi sebuah profesi dan bekerja pada suatu penerbitan media massa disebut wartawan.

2. Ditinjau asal bahasa, jurnalistik itu sebenarnya dari bahasa apa?
Ditinjau dari asal-usul bahasa, akar kata jurnalistik berasal dari “diurna” (bahasa Romawi). Kemudian diinggriskan menjadi “Journal” yang artinya catatan-catatan harian.

3. Dalam penulisan karya ilmiah termasuk artikel, ada istilah bahasa jurnalistik, apa maksudnya?
Sesuai dengan makna jurnalistik yaitu identik dengan dunia tulis menulis, maka bahasa jurnalistik adalah bahasa tulis menulis atau bahasa komunikasi massa yaitu bahasa dengan pilihan kosa kata yang sederhana agar dapat dipahami oleh segenap lapisan masyarakat. Selain itu, singkat, jelas, padat, dan obyektif.
Dalam tulis menulis, bahasa ini mutlak harus digunakan mengingat sasaran tulisan kita adalah masyarakat luas yang memiliki ragam wawasan dan kailmuan berbeda, maka tulisan seorang penulis diharapkan bisa diterima oleh berbagai lapisan masyarakat tersebut.

4. Jurnalistik memiliki cakupan sangat luas tidak terbatas di dunia kewartawanan saja, mohon dijelaskan jenis jurnalistik yang berhubungan dengan kecepatan waktu penyampaian yang mewakili ragam jurnalistik yang berkembang kini?
Jurnalistik ditinjau dari segi waktu ada tiga jenis
1. Jurnalistik baru
Jurnalsitik jenis ini dimaksudkan untuk menyampaikan berita yang sangat penting untuk segera diketahui dan biasanya menggunakan alat komunikasi yang modern seperti melalui faksimile, telegram, kawat, dan lain-lain.
2. Jurnalistik pembangunan
Dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan menyadarkan masyakarat tentang pembangunan, jurnalis berusaha meyakinkan masyarakat akan masa depan, sehingga mereka dapat berpartisipasi dalam pembangunan.
3. Jurnalistik presisi
Jurnalistik jenis ini berisi ketetapan atau ketentuan. Jurnalistik jenis ini berupa surat-surat keputusan, perundang-undangan, dan sejenisnya.

5. Apa yang dimaksud jurnalistik cetak atau media cetak?
Jurnalistik cetak yaitu jurnalistik yang cara penyampaiannya melalui serangkaian tulisan atau cetakan yang biasanya terbit secara periodik atau secara kontinyu. Kini media ini telah memiliki kredibilitas tersendiri baik di hadapan hukum maupun masyarakat secara luas.

6. Ada berapa jenis media cetak itu?
Jurnalistik cetak terbagi pada dua jenis :
1. Buku
buku tes, buku agama, buku cerita, komik, dan sebagainya
2. Periodical
-surat kabar harian
-surat kabar mingguan
-majalah massa, yang ditujukan untuk semua golongan masyarakat, -majalah kelas, yaitu suatu majalah yang hanya ditujukan untuk golongan tertentu,
-majalah spesial, majalah yang khusus membahas bidang-bidang tertentu/khusus seperti : olah raga, musik, wanita, dan sebagainya
-pamplet
-leaflet, dan sebagainya

7. Apa yang maksud jurnalistik elektronik atau media elektronik?
Jurnalistik yang berhubungan dengan alat elektronik atau cara penyampaian berita pesan atau yang lainnya melalui media elektonik seperti radio, televisi, film, telephon, faksimili, dan sebagainya.

8. Apa yang dimaksud jurnalis dan jurnalisme?
Jurnalisme adalah pekerjaan mengumpulkan, menulis, mengedit, dan menerbitkan berita, dan sebagainya, yang umumnya dikerjakan wartawan. Adapun jurnalis adalah orang yang pekerjaannya mengumpulkan data dan menulis berita dalam surat kabar atau majalah atau yang biasa disebut wartawan atau penulis free lance.

9. Apakah sejarah adanya mencatat karya jurnalistik untuk pertama kalinya?
Secara pasti sulit untuk mencatat karya jurnalistik untuk pertama kalinya. Hal itu dikarenakan jurnalistik maknanya luas seperti diungkapkan pada jawaban pertanyaan pertama. Namun sejarah pernah mencatat ihwal kemahiran kaum Quraisy di Mekah yang pandai membuat syair. Karya mereka dilombakan dan yang menang diberi imbalan berharga dan karyanya ditempel di Ka’bah.
Sekalipun demikian, Sebelum reneisans, jurnalistik sebagai disiplin ilmu belum dikenal oleh masyarakat dunia. Richer Fawkes membuat surat kabar pertama pada awal abad ke-14 bernama “Treu En Countre”. pada awal abad ke-16, jurnal komersial mulai muncul di Belgia bernama “Courante Braden”. jurnal “Gasettes” terbit di Inggris tahun 1563. Di Jerman juga muncul jurnal “Courantos”

10. Apakah jurnalistik telah menjadi disiplin ilmu dan bisa dipelajari secara khusus di sekolah atau Perguruan Tinggi?
Jurnalistik sebagai bagian dari ilmu komunikasi dan publistik, jelas telah menjadi disiplin ilmu. Di sekolah-sekolah mulai dari tingkat Sekolah Dasar hingga Sekolah Menegah (SLTP/SMU/SMK/Aliyah) secara langsung telah dipelajari dasar-dasar jurnalistik seperti dalam pelajaran bahasa Indonesia atau bahasa Daerah. Di Perguruan Tinggi, jurnalistik bisa di pelajarilebih khusus lagi yaitu di Fakultas Komunikasi Jurusan Jurnalistik. Anda bisa menghubungi Perguruan Tinggi yang membuka fakultas tersebut di kota Anda.

by Abu Al-Ghifari

Posted by EmThree on 04.39. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response

0 komentar for "88 Soal Jawab Jurnalistik"

Leave a reply

Blog Archive

Labels

Recently Commented

Recently Added